Kelanjutan Seleksi CPNS Tunggu Juknis

Angga Hari Sumartha


Para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) tentunya menanti kabar terkait kelanjutan seleksi CPNS. Menurut informasi, pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS akan dilaksanakan pada Agustus atau September 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Tanjabtim, Hadi Firdaus, melalui Sekretaris Badan BKPSDMD, Angga Hari Sumartha, yang mengatakan kelanjutan pelaksanaan tes CPNS akan kembali dihelat.

"Sebelum adanya pandemi Covid-19, ujian SKB direncanakan dilaksanakan pada April tahun 2020. Dan akan dilaksanakan pada Agustus atau September, mendatang" ujarnya.

Terkait lokasi pelaksanaan ujian SKB, Angga menjelaskan saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut. Jika memang pelaksanaan ujian masih dilaksanakan di lokasi sebelumnya. Ujian akan menggunakan protokol kesehatan, dengan menerapkan Social Distancing dan Physical Distancing.


"Intinya, bagaimana cara agar saat ujian SKB peserta tidak berkerumun dan tidak berkumpul. Itu lah yang sekarang masih dikaji Panselnas Pusat," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui, apakah pelaksanaan ujian SKB nanti dibagi menjadi beberapa titik lokasi atau dilaksanakan di satu tempat secara bergantian.

Kemudian, Angga juga saat ini belum mengetahui seperti apa petunjuk teknis jika nanti ada peserta SKB yang masuk dalam masa karantina Covid-19 atau ada yang menjadi ODP dan PDP. Bahkan, terkait peserta yang berasal dari luar Provinsi Jambi saja, pihaknya juga belum tahu harus bagaimana nantinya.

"Yang jelas untuk prosedur pelaksanaan ujian SKB dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, kita masih menunggu kajian dari Panselnas Pusat," pungkasnya. (pan/ira)