Jadwal SKB CPNS Provinsi Lampung 2019 Tunggu Keputusan Pusat



Kepala BKD Provinsi Lampung Lukman, Kamis (25/6) | Foto : Sidik Aryono/ Lampung Geh
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Lukman mengatakan bahwa penyelenggaraan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran (TA) 2019 daerah Provinsi Lampung menunggu instruksi dari pusat, Kamis (25/6).
"Kita semua sudah siap tinggal menunggu dari pusat. Dalam hal ini kita juga berkoordinasi dengan Itera. Jumlah pesertanya juga sudah ada, dan itu yang akan melaksanakan SKB," ujar Lukman.
"Kita tinggal siapkan fasilitasnya saja. Sedangkan untuk kesiapan peserta bisa dipersiapkan sesuai dengan kesarjanaan dan formasi bidang yang diambil," lanjut Lukman.
Lukman menambahkan bahwa untuk pelaksanaan SKB di Provinsi Lampung, yaitu terkait jadwal pelaksanaannya masih menunggu jadwal dari pusat, dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
Tes SKB di lingkungan pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota, rencananya akan dilaksanakan di Institut Teknologi Sumatera (Itera), seperti sebelumnya tes SKD juga dilaksanakan di sana. Pelaksanaan SKB CPNS TA 2019 akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang direncanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2020, setelah ujian seleksi kedinasan.

Jumlah peserta yang lolos SKD dan akan mengikuti SKB CPNS TA 2019 di lingkungan pemerintah provinsi Lampung dan kabupaten/kota, Kamis (25/6) | Foto : BKD Provinsi Lampung
Untuk peserta CPNS TA 2020 di Provinsi Lampung dan kabupaten/kota yang lolos SKD dan melanjutkan ke SKB sebanyak 7.204, dengan jumlah formasi yang tersedia 3.484 kursi.  
Sebelum pandemi COVID-19, pelaksanaan tes SKB dijadwalkan pada 25 Maret 2020. Setelah adanya wabah COVID-19, maka pelaksanaan SKB ditunda sebagaimana tertuang dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tentang Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.  
Meski pelaksanaan SKB ditunda, BKN merencanakan pelaksanaan SKB CPNS 2019 pada Agustus sampai Oktober 2020 setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai. Dimana pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. (*)