BKD Lampung Siap Gelar Tes SKB CPNS

BKD Lampung Siap Gelar Tes SKB CPNS



Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Lukman. Triyadi Isworo.



Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) siap menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan memenuhi persyaratan.

Rencananya pelaksanaan SKB CPNS 2019 tersebut akan digelar menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) pada Agustus hingga Oktober 2020 setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai. Untuk peserta CPNS yang mengambil formasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota di Bumi Ruwai Jurai rencananya di gelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera) Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung Lukman mengatakan, untuk pelaksanaan SKB CPNS sudah siap tinggal menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana dari pusat. Ia mengatakan untuk CPNS Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota ada 7.204 orang peserta yang berhak mengikuti SKB untuk memperebutkan 3.484 kursi formasi yang disediakan.


"Kita semua sudah siap, tinggal nunggu petunjuk dari pusat saja. Persiapan kita seperti kesiapan Itera yang sudah kita calling," katanya Lukman saat ditemui di Kantor Gubernur Lampung, Kamis, 25 Juni 2020.

Kemudian ia mengatakan, bahwa peserta yang berhak mengikuti SKB harus terus mempersiapkan diri semaksimal dan sebaik mungkin. "Tinggal menunggu jadwal dari pusat saja untuk SKB. Nanti kita terpusat menggunakan CAT. Kisi-kisi dan pesan yang harus dipersiapkan bagi peserta yakni pelajari saja sesuai dengan kesarjanaan dan formasi yang ia ambil," katanya.

Sebelum terjadi pandemi Covid-19, SKB CPNS 2019 direncanakan akan dilaksanakan pada 25 Maret 2020. Penundaan itu secara resmi tertuang di dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Hingga saat ini BKN masih terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Meski pelaksanaan SKB ditunda, BKN berencana akan menggelar SKB CPNS 2019 pada Agustus hingga Oktober 2020 setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai. Pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menetapkan lokasi ujian yang layak. 

Mengutip dari Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019, ada sejumlah ketentuan dan materi SKB yang dapat diperhatikan oleh para peserta CPNS. Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional yang selanjutnya diintegrasikan dalam bank soal CAT BKN. Sementara, untuk materi SKB jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait. 

Winarko