477 Peserta CPNS Aceh Timur Lulus tes SKD, Nurul Hanifah Raih Nilai Tertinggi


Pelaksanaan Test Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemkab Aceh Timur yang berlangsung lima hari mulai 29 Januari sampai 2 Februari 2020, di Kampus IAIN Cot Kalla Langsa, telah berakhir.

Dari 1.978 peserta CPNS yang sebelumnya lulus administrasi dan berhak ikut tes SKD, hanya 1.849 (93%) peserta yang hadir atau ikut ujian.

“Dari hasil tes SKD itu, sebanyak 447 orang atau (24%) dinyatakan lulus passing grade,” jelas Kepala BKPSDM Aceh Timur Drs Irfan Kamal MSI, Senin (3/2/2020).

Selebihnya, 129 orang tidak ikut ujian karena tidak hadir, dan juga karena terlambat hadir.

Irfan mengatakan tahun ini ada peningkatan jumlah peserta yang lulus passing grade. Karena itu, adanya penurunan nilai passing grade.

Seperti yang tertuang dalam Permenpan RB No. 24 Tahun 2019, bahwa ada penurunan passing grade sebesar 27 point dari passing grade tahun lalu.

Namum demikian Irfan, mengimbau agar peserta yang lulus tes SKD jangan cepat berbangga hati, karena peserta CPNS akan menghadapi ujian Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) untuk mendapatkan kursi CPNS.

Sesuai Pengumuman Bupati Aceh Timur No. 810/301/2019 tentang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang ditandatangani oleh Bupati Aceh Timur tanggal 11 November 2019, ujian Seleksi Komptensi Bidang (SKB) dijadwalkan pada 25 Maret-10 April 2020 pada yang ditentukan selanjutnya.

Irfan menyebutkan, dari seluruh peserta yang lulus passing grade ini nantinya akan dirangking oleh BKN berdasarkan formasi yang dilamar. Selanjutnya, peserta yang dinyatakan bisa ikut tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diumumkan.

“Namun mekanismenya akan diumumkan pada 22-23 Maret 2020, karena sejauh ini belum ada petunjuka pelaksanaannya (jukklak)-nya,” ungkap Irfan.

Nurul Hanifah Top Score

TIM Pelaksana CAT BKN, Adi Muhtadi SH, menyebutkan dari 477 peserta yang lulus passing grade, ada salah satu peserta yang lulus dengan nilai tertinggi yaitu diarih Nurul Hanifah dengan total nilai, 423 dengan rincian nilai tes wawasan kebangsaan (TWK) 125, tes intelegensia umum (TIU) 155, dan nilai tes karakteristik pribadi (TKP) 143.

“Nurul Hanifah merupakan peserta CPNS dari Pemkab Aceh Timur yang melamar Formasi Dokter,” jelas Adi Muhtadi.